Promotional GaraMedia>>> Rumah dikontrakkan di perumahan mutiara residence no c5. Bantul, info lebih lanjut : 081802732747 (Mbak Lucky)** STIE NUSA MEGARKENCANA YOGYAKARTA membuka pendaftaran mahasiswa baru secara online : http//bit.ly/pmbstienus Program studi pilihan Akuntansi dan Manajemen sudah terakreditasi "B" Prodi maupun Institusi, alamat kampus JL. AM.Sangaji no 49-51 Yogyakarta ** Bingung olah data buat skripsi? Langsung aja cuss ke Bengkel olah data,info lebih lanjut hubungi : 08174100387 ** Mau iklanmu dimuat di GaraMedia? Email aja ke garamediaindonesia@gmail.com ** Harga promosi : Iklan Baris :Rp 20.000/bulan, Iklan Banner: Rp 50.000/Bulan**

5 Fakta tentang CPNS


Formasi CPNS 2021 akan diumumkan sekitar bulan Maret atau April dan diprediksi pembukaan pendaftaran akan dimulai setelah hari raya Idul Fitri atau sekitar bulan Mei- Juni.

Buat kamu yang ingin mencoba mendaftar CPNS 2021, gak ada salahnya untuk mengetahui Fakta-fakta tentang CPNS berikut ini :

Berikut ini adalah 5 Fakta tentang CPNS


1. Penggajian dihitung berdasarkan Tanggal SPMT

Banyak kabar berita yang mengatakan kalau CPNS memperoleh gaji pada saat TMT itu benar, dengan catatan kamu memperoleh SPMT dengan tanggal yang sama, Tapi, kalau tanggal SPMT mu berbeda dengan tanggal TMT maka, yang digunakan adalah tanggal SPMT.

Misalkan : Kamu memperoleh SK CPNS dari BKN dan dari Instansi tertanggal TMT 1 Desember, dan SPMT 1 Desember maka pada bulan Desember kamu sudah memperoleh gaji pokok sebesar 80%.

Akan tetapi apabila SPMT tertanggal 2 Januari, maka kamu akan mendapatkan gaji untuk bulan Januari saja, sedangkan bulan Desember kamu tidak memperoleh gaji 

SPMT adalah Surat Perintah Menjalankan Tugas, sedangkan TMT adalah Terhitung Mulai Tanggal .


2.Selama CPNS kamu belum memiliki ketugasan khusus

Selama menjadi CPNS, kamu bekerja untuk membantu PNS dalam menjalankan ketugasannya. Barulah setelah diangkat menjadi PNS, kamu akan mendapatkan tugas khusus tertentu sesuai dengan Jabatan Pelaksanamu.


3. Kamu akan diminta ikut diklat ataupun pelatihan lainnya

Menjadi CPNS merupakan waktu untuk belajar, sehingga kamu pasti akan diminta untuk ikut Diklat ataupun pelatihan, seperti Diklat Pejabat pengadaan, ataupun kebendaharaan. Dan besar ekspektasi dari Instansimu agar kamu lolos diklat tersebut, sehingga akan terjadi regenerasi.


4. Belum memperoleh cuti tahunan tapi memperoleh ijin

Selama menjadi CPNS, kamu belum mendapatkan cuti tahunan untuk pulang kampung, tapi apabila dalam keadaan harus pulang, kamu bisa mengajukan ijin kepada atasanmu. Barulah setelah kamu ditetapkan menjadi PNS, kamu memperoleh cuti tahunan dan cuti besar


5. Tanggal pelaksanaan latihan dasar adalah waktu yang ditunggu-tunggu

Untuk menghapus status C, pada kata CPNS, kamu diwajibkan untuk lolos dalam latihan dasar ( Latsar) yang diadakan oleh Lembaga Administrasi Negara ( LAN). Tentu saja tanggal pelaksanaan latsar merupakan waktu yang dinanti-nantikan oleh CPNS, Karena semakin lama jadwal pelaksanaan latsarmu maka semakin lama pula kamu akan memperoleh status PNS. Walaupun sudah tertera di dalam UU, bahwa CPNS menjadi PNS paling cepat 1 tahun dan paling lama 2 tahun.  


Nah itulah 5 Fakta tentang CPNS yang harus kamu ketahui  sebelum kamu mendaftar ujian seleksi CPNS 2021. Semoga Kamu yang membaca artikel ini adalah salah satu orang yang lolos dan menjadi CPNS yah..Amin


By : Galih Satria

Editing by : Garamin (Gara admin) 

0 comments:

Post a Comment