Promotional GaraMedia>>> Rumah dikontrakkan di perumahan mutiara residence no c5. Bantul, info lebih lanjut : 081802732747 (Mbak Lucky)** STIE NUSA MEGARKENCANA YOGYAKARTA membuka pendaftaran mahasiswa baru secara online : http//bit.ly/pmbstienus Program studi pilihan Akuntansi dan Manajemen sudah terakreditasi "B" Prodi maupun Institusi, alamat kampus JL. AM.Sangaji no 49-51 Yogyakarta ** Bingung olah data buat skripsi? Langsung aja cuss ke Bengkel olah data,info lebih lanjut hubungi : 08174100387 ** Mau iklanmu dimuat di GaraMedia? Email aja ke garamediaindonesia@gmail.com ** Harga promosi : Iklan Baris :Rp 20.000/bulan, Iklan Banner: Rp 50.000/Bulan**

Apa itu Personality Mirroring dan Apa dampaknya bagi Karyawan jika melakukan personality mirroring pimpinannya?

 

Salah satu kriteria pemimpin menurut ungkapan Ki Hajar Dewantara adalah : ING NGARSA SUNG TULADHA” bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki makna “ Pemimpin itu berada di depan untuk memberikan contoh”. Sifat dan sikap yang ditunjukkan pemimpin di depan staffnya itulah yang akan ditiru oleh staff tersebut. Di dalam ilmu psikologi, perilaku untuk menirukan dan mencontoh  sifat dan sikap pimpinan oleh seorang staff tersebut dinamakan Personality Mirroring.


Personality Mirroring umumnya berlangsung secara sadar sebagai individu bereaksi dengan situasi. Dalam hal ini, seorang staff secara sadar akan mengikuti sifat dan sikap pimpinannya walaupun tidak semua sifat dan sikap tersebut pantas untuk ditiru karyawannya.

Untuk mengetahui seorang staff yang melakukan mirroring terhadap sifat dan perilaku pimpinannya adalah dengan mengamati perilaku staff tersebut. Adakah kesamaan perilaku seorang staff tersebut dengan perilaku dari pimpinannya?

Perilaku-perilaku baik dari seorang pimpinan yang akan ditiru oleh karyawan diantaranya :

1.      1.  Gaya bicara, gesture tubuh, intonasi suara

2.      2.  Konsistensi terhadap pekerjaan

3.      3.  Kejujuran dan kedisiplinan

4.     4.   Kreatifitas dan inovasi

Personality Mirroring ini mempunyai dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif dari Personality Mirroring ini adalah Seorang staff akan meniru perilaku baik yang ditunjukkan oleh  pemimpinnya. Contoh nya ketika menghandle komplain dari tamu, seorang staff akan meniru cara seorang manager dalam menghadapi komplain dari tamu sehingga apabila manager  sedang tidak berada di tempat, karyawan tersebut menjadi mampu untuk menghandle komplain dari tamu sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh manager.

Namun disisi lain, Personality Mirorring ini juga mempunyai dampak negatif yaitu akan memunculkan pemimpin yang bersifat Narsis. Mengapa demikian? Karena seorang pimpinan tersebut akan “merasa” bahwa keberhasilan dan kesuksesan staffnya berasal dari hasil meniru perilaku dari pimpinan tersebut sehingga akan memunculkan kesombongan, keangkuhan, dan keakuan dari dalam dirinya. 

Selain itu, personality mirorring akan memiliki dampak menurunnya kualitas kerja sesorang apabila pimpinan yang dianggap sebagai cermin memiliki kualitas kerja yang menurun. Seperti contoh misalkan pimpinan memiliki hobi membolos kerja, pasti karyawan juga akan menirukan apa yang dilakukan oleh si pimpinan tersebut dengan asumsi " pimpinanku aja seperti itu,yasudah aku juga ikut-ikutan aja".

Oleh sebab itu, agar personality mirroring ini berdampak positif di dalam sistem kerja, sudah seharusnya pemimpin (dari level supervisor sampai level manager) memberikan contoh dan teladan bagi karyawannya. Sehingga apabila karyawan melakukan mirroring, perilaku yang ditiru adalah perilaku yang baik. Apabila sikap dan karakter staff sudah baik semua, maka pemimpin akan lebih mudah memanajemeni staffnya sehingga akan terbentuklah budaya kerja yang baik di Perusahaan.


By : Galih Satria

Editing by : Garamin ( Gara admin) 

0 comments:

Post a Comment